10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Dengan warna hijau yang menarik, sayuran brokoli ini sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti soup tumis brokoli, dan sebagainya. Namun, dibalik rasanya yang enak, sayuran brokoli juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Brokoli mengandung Karotenoid lutein yang dapat memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan stroke.

  1. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin yang dapat memproses di dalam tubuh tubuh menjadi senyawa anti kanker, yaitu sulforaphane. Senyawa ini dapat mengusir bakteri Helicobacter pylori yang ada di dalam tubuh. Bakteri ini merupakan bakteri yang dapat meningkatkan resiko kanker lambung. Selain itu, brokoli juga dapat mencegah kanker payudara, kanker prostat, dan kanker serviks.

  1. Menjaga Sistem Saraf

Brokoli mengandung kalium yang tinggi yang dapat menjaga sistem saraf dan fungsi otak bekerja secara optimal.

  1. Melawan Radikal Bebas

Brokoli yang mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Brokoli mengandung magnesium dan kalsium yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Brokoli mengandung glucoraphanin yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan  sinar matahari.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

 

  1. Tinggi Akan Serat

Brokoli yang mengandung serat yang tinggi dapat membantu memperlancar dalam proses pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan kestabilan gula darah, serta dapat mencegah makan yang berlebihan.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, serta mineral-mineral seperti seng dan selenium yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung karotenoid lutein dan vitamin A yang dapat mencegah degenerasi makular terkait usia dan mencegah penyakit katarak.

 

 

Komentar

104 thoughts on “10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *