Alasan Mengapa Setelah Makan Udang Tidak Boleh Minum Es jeruk

 

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang dapat dijadikan berbagai jenis makanan olahan. Contohnya, udang saus asam tiram, udang goring tepung, dan sebagainya. Udang disamping mempunyai cita rasa yang lezat dan mengandung protein yang tinggi, tetapi juga dapat mengandung zat-zat kimia yang berbahaya. Sebagai akibat adanya pencemaran air laut. Contohnya, mengandung Arsenic Pentoxide dengan rumus kimia As2O5.  Senyawa kimia ini, mempunyai sifat beracun apabila bereaksi dengan vitamin C. Akibat selanjutnya  dapat berpengaruh terhadap fungsi hati, jantung, ginjal, pembuluh darah menjadi rusak.

Faktanya sering kali terjadi orang memakan atau menyantap makanan udang, sekaligus meminum es jeruk sebagai “teman makan”. Memang benar bahwa minuman jeruk akan sangat terasa segar bila diminum sehabis makan seafood. Disamping itu, juga dapat mengurangi bau amis setelah makan udang, karena memang makanan yang berprotein tinggi cenderung berbau amis. Namun demikian, kita harus berhati-hati karena meminum es jeruk yang notabene mengandung vitamin C dapat berakibat buruk yang tidak kita inginkan, yaitu dapat terjadi keracunan pada tubuh.

Tetapi, tidak berarti bahwa apabila kita makan udang dan minum jeruk terus terjadi keracunan. Hal tersebut dikarenakan terjadinya keracunan dalam tubuh dipengaruhi juga oleh beberapa faktor, diantaranya : banyaknya racun yang masuk dalam tubuh, daya tahan tubuh, dan sebagainya. Vitamin C bereaksi dengan As2O5 berubah menjadi As2O3 (Arsenic Trioxide) yang bersifat racun.

Komentar

61 thoughts on “Alasan Mengapa Setelah Makan Udang Tidak Boleh Minum Es jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *