BAHAYAKAH MAKAN MIE INSTAN BERSAMAAN DENGAN NASI??

Hayo, siapa yang suka kayak gini?

Kalau kamu salah satunya diwajibkan membaca artikel ini sampai habis ya. Memang makan mie instan dengan nasi adalah suatu hal yang biasa yang dilakukan di masyarakat Indonesia dari orang tua sampai anak-anak. Mengenyangkan memang, tapi itu salah. Nah apa saja si dampak dengan kita makan mie instan dan nasi secara bersamaan. Sebelumnya perlu kita tahu bahwa mie instan ada bumbu-bumbu instan di mana dalam bumbu tersebut terdapat banyak zat aditif makanan dan yang paling terkenal adalah MSG ( Monosodium Glutamat).

Apa itu MSG?

MSG adalah zat aditif peyedap rasa makanan yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Selain itu masih banyak lagi dampak yang ditimbulkan akibat makan mie instan bersamaan dengan nasi yaitu:

  1. Karbohidrat akan berlebih

Bagaimana tidak mie instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat tinggi.  Satu porsi mie instan mengandung 400 kalori, jumlah tersebut sama dengan satu porsi nasi sedan dan lauk pauk. Jika ditambah nasi kalori yang masuk dalam tubuh dapat mencapai 600-700 kalori. Padahal rata-rata kita hanya butuh 1200-1500 kalori perhari. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, rasa lapar akan hilang sehingga gizi yang lain tidak terpenuhi seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak.

 

  1. Meninggikan hormon insulin

Makanan yang mengandung karbohidrat saat masuk dalam tubuh akan dicerna menjadi gula atau amilum di mana proses pencernaan akan memasuki pankreas dan diolah menjadi hormon insulin. Jika karbohidrat yang masuk banyak maka hormon insulin yang terproduksi juga banyak.

 

  1. Rusaknya pankreas

Hasil produksi gula akan diolah menjadi hormon insulin di pankreas sehingga jika terlalu banyak gula, maka pankreas akan bekerja lebih keras dari biasanya dan menyebabkan pankreas mengaami kelelahan dan kerusakan.

 

  1. Meningkatkan resiko diabetes mellitus

Pankreas yang rusak tidak mampu untuk memfilter antara gula dan darah sehingga ketika kencing masih ada dan mengandung gula.

 

  1. Kerusakan pada organ hati

Saat hati membutuhkan nutrisi berupa lemak maka zat karbohidrat akan terpecah menjadi zat lemak kemudian ditransfer ke organ hati sebagai pembatntu sistem pencernaan metabolisme. Beruntunglah jika yang menumpuk di hati iti adalah sel emak yang baik. Namun jika yang menumpuk adalah lemak yang jahat itu akan perlahan merusak organ hati

  1. Volume perut menjadi lebar

Kebanyakan menkonsumsi karbohidrat menyebabka volume dan lingkat perut menjadi lebar. Lihatlah orang-orang dengan perut besar dan bundar selain kurang berolahraga meraka juga sangat berisiko untu terkena diabetes mellitus.

 

  1. Menjadi pemicu penyakit lain untuk datang

Dengan perut yang lebar dan besar penyakit obesitas pasti sulit untuk dihindarkan. Dan tahukah kalian bahwa penyakit obesitas dapat menjadi sarang bagi penyakit yang lainnya lho.

 

  1. Kandungan dalam mie instan tidak baik

Perlu diketahui bahwa dalam istilah kedokteran mie instan lebih dikenal dengan makanan junk food atau lebih sering disebut makanan sampah. Dan di dalam mie instan tidak terdapat serat-serat yang dibutuhkan oleh tubuh yang ada hanyalah kandungan karbohidrat.

 

  1. Risiko tekanan darah tinggi

Zat  sodium yang dihasilkan dari proses pencernaan mie instan mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Bahkan mampu meningkatkan risiko penyakit  kardiovaskuler seperti jantung.

 

  1. Terganggunya sistem pencernaan

Untuk mencerna mie tubuh memerlukan waktu 2 hari. Oleh karena itu sangat berbahaya sekali ketika kalian mengkonsumsi mie instan setiap hari.

Nah itulah sekiranya dampak yang ditimbulkan akibat dari makan mie instan bersamaan dengan nasi. Masih mau dilakukan lagi hal tersebut? Ingat ya, sehat itu penting

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar