Bakpia Pathok Khas Yogyakarta

Hai sahabat anekakuline.net. Seperti biasa, admin akan berbagi wawasan mengenai beragam kuliner yang ada di nusantara. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai makanan khas dari kota Yogyakarta. Pasti kalian sudah tak asing lagi ketika mendengar kata Yogyakarta. Ya, selain terkenal dengan sebutan kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal akan bebagai macam makanan khasnya. Ada banyak makanan khas Yogyakarta, diantaranya nasi gudeg, nasi kucing atau angkringan, yangko, bakpia pathok, jadah tempe dan lain sebagainya. Namun, pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai makanan khas yang biasanya dibawa sebagai buah tangan, yaitu bakpia pathok.

Bakpia pathokĀ  merupakan salah satu jenis kue yang khas dari Kota Yogyakarta yang cukup legendaris. Tiap kali para wisatawan mengunjungi Yogyakarta pasti tidak lupa untuk membeli bakpia pathok. Bakpia pathok umumnya terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, garam, dan campuran bahan untuk isi bakpia pathok itu sendiri. Dahulu, bakpia pathok hanya berisi kacang ijo, tetapi pada era sekarang banyak sekali varian isi bakpia pathok, diantaranya coklat, keju, kumbu hitam, durian, dan masih banyak lagi.

Kue bakpia pathok ini digemari oleh banyak orang karena memiliki tekstur yang renyah karena dibuat dengan cara dipanggang hingga kering dan rasanya yang manis. Sehingga tak salah jika setiap wisatawan yang kunjung di kota pelajar tersebut menyempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh bakpia pathok. Pada kesempatan kali ini, seperti biasa admin akan memberikan beberapa rekomendasi mengenai berbagai merk bakpia pathok yang cukup recomended.

Yang pertama, Bakpia Pathok Kurnia Sari. Merk Bakpia Pathok ini sangat digemari karena tekstur kulitnya yang tipis dan lembut, sehingga akan langsung hancur ketika di mulut. Bakpia Pathok Kurnia Sari terletak di Jalan Glagah Sari No. 97C, Yogyakarta-(0274)830502, Jalan Glagah Sari No. 112, Yogyakarta-(0274)375030, dan Ruko Permai Pogung Lor No. 6 Jalan Ringroad Utara Yogyakarta (sebelah Ahmad Dhani School Rock of Music)-(0274)625729. Bakpia Pathok Kurnia Sari menyediakan berbagai varian isi bakpia pathok, diantaranya rasa kacang hijau, kumbu hitam, susu, kopi, coklat, dan keju.

Rekomendasi selanjutnya adalah Bakpia Pathok 25. Bakpia pathok jenis ini bisa dibilang cukup legendaris. Untuk menikmati kelezatan Bakpia Pathok 25 ini, para wisatawan dapat mengunjungi pabriknya langsung yang berada di Jalan AIP II KS Tubun NG I/504, Yogyakarta-(0274)513904. Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi beberapa cabangnya yang terletak di Ongko Joyo jalan AIP II KS Tubun 65, Yogyakarta-(0274) 0512219, Kios Pasar Pathok No. 14-18, Yogyakarta-(0274) 561551, Kembang Jaya Jalan Laksda Adisucipto KM. 9, Yogyakarta-(0274)484458.

Komentar