Cara Membuat Kue Galundeng Yang Gak Ribet

Sebelumnya kalian tahu gak apa itu galundeng? Sedikit Informasi bahwa galundeng adalah makanan khas dari Banyumas yang terbuat dari tepung dan bertekstur renyah. Langsung saja ya admin kasih tahu cara membuat kue galundeng:

BAHAN YANG DIBUTUHKAN : 

75 gram gula pasir

500 gram tepung terigu

6 gram backing powder

air es

minyak goreng

garam secukupnya

Bahan Taburan Kue Galundeng (Opsional/Pilihan) :
gula pasir secukupnya

wijen secukupnya

Langkah-langkah Membuat Kue Galundeng :

  1. Siapkan wadah dan ambil , backing powder,tepung terigu, gula pasir, dan garam, kemudian dicampur dan diaduk hingga rata.
  2. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan terus diuleni hingga kalis  sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya diamkan adonan Kue Galundeng sekitar 30 menit, dengan ditutup menggunakan kain bersih.
  4. Setelah itu, uleni kembali adonan sekitar 5 menit.
  5. Tutup kembali dan diamkan semalam.
  6. Lalu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi kotak atau kotak persegi panjang sesuai selera kemudian olesi dengan air dan gulingkan diatas campuran gula dan wijen (jika pakai wijen).
  7. Ulangi langkah nomor 6 hingga adonan habis.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, kemudian goreng Kue Galundeng ini hingga matang berwarna kecoklatan dan mengembang.
  9. Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.

Sebelum digoreng, kalian dapat mengisi Kue Galundeng  dengan menggunakan cokelat, keju, kismis, selai pokoknya sesuai selera sehingga rasanya akan lebih mantap. Bisa juga dikreasikan dengan aneka topping ataupun popping. Waktu paling pas untuk menikmati lezatnya Kue Galundeng adalah saat pagi hari dan saat cuaca dingin ditemani dengan secangkir minuman hangat atau secangkir kopi.

Kue Galundeng juga bisa untuk dijadikan hidangan hajatan, arisan. Kue ini dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Harganya bekisar 750 sampai 1.000 per buah. Cukup menghemat kantong bukan. Tapi kebanyakan para pedagang menjual kue galundeng hanya dengan toping berupa wijen tidak diberi rasa. Untuk itu jika kalian menginginkan kue galundeng beraneka rasa kalian bisa membuat sendiri.

Komentar