Es Campur Minuman Legenda Pecinan Semarang

Jalan-jalan ke Pecinan di kawasan Semarang tidak lengkap rasanya, jika kita tidak mencicipi kuliner di sana. Kawasan pecinan ini banyak menjual berbagai macam makanan Khas Tionghoa yang sudah ada secara turun-temurun diperjual belikan.

Kuliner yang paling terkenal yaitu Lumpia gang Lombok yang sudah melegenda, tetapi selain lumpia masih banayak kuliner yang mengoda lidah para penikmat makanan. Salah satunya Kedai Es Kolang-kaling yang berada di gang lombok, yang menjual berbagai macam Es. Menu es yang menjadi andalan di kedai Es ini yaitu Es Cao dan Es campur buah.

Es Cao merupakan es campur yang berisi kolang-kaling, kelapa muda dan cin cincau yang dicampur dengan sirup merah. Sedangkan es campur di kedai ini berisi berbagai macam buah-buahan segarseperti blewah, nanas dan mangga yang sudah dirubah menjadi makanan asinan. Semua buah tersebut dicampur dengan campuran parutan es dengan sirup gula. Selain kedua es yang menjadi andalan kedai ini, di sini juga tersedia es lainnya seperi es jeruk, kopyor dan kelapa muda.

Kedai Es Kolang-kaling ini sudah berdiri lebih dari 70 tahun yang lalu. Kedai ini didirikan oleh sang pemilik Oei Kok Tjing. Namun setelah oei kok Tjing meninggal dunia Kedai tersebut dilanjutkan oleh anak-anaknya pada tahun 1989. Giok Tieen merupakan salah seorang anak Oei Kok Tjing yang ikut meneruskan usaha tersebut.

 

Kedai es kolang-kaling banyak dikunjungi oleh warga etnis Tionghoa maupun warga lainnya yang datang dari dalam kota semarang mau pun dari luar kota semarang.

Komentar