Es Sagwan Khas Kota Ngapakers yang Patut untuk Dicicipi

Hy kuliner lovers, kali ini admin bakalan sharing info tentang minuman khas kota Tegal. Yap kotanya orang ngapakers, Tegal laka-laka :v Oke langsung aja yap. Dari tiap daerah pasti punya yang namanya minuman ataupun makanan khas nya masing-masing kan? nih jangan salah Tegal atau yang dikenal dengan slogannya “ora ngapak ora kepenak” juga punya ke-khasan kuliner nya sendiri yaitu yang namanya es sagwan. emmmmm,, apa itu?

Tidak banyak orang yang tau mengenai kuliner khas Tegal yang satu ini, karena memangĀ  jarang yang menjual es satu ini. Es segar ini berisi adonan yang dibuat dari aci (tepung kanji) panjang-panjang berwarna putih, es serut serta gula. Bahkan gulanya pun ada dua pilihan yaitu warna merah dan warna coklat.

Kabarnya, minuman ini sudah puluhan tahun berdiri. Sagwan bukan kepanjangan dariĀ Seger Adem Glenggem Wangi Ancleng Nlaket, tapi merupakan nama orang yang pertama kali membuat minuman ini. Beliau sudah lama meninggal dan rumahnya di sebelah barat SMP N 1 Dukuhturi atau daerah Kepandean. Meskipun sudah meninggal, minuman ini menjadi bisnis turun-temurun keluarganya.

Berikut daftar lokasi penjual Es Sagwan:

  1. Jln. KS tubun, selatannya RS Kardinah sebelum rel dari Perempatan Kejambon
  2. Jln. Mejasem, depan Pala 13 Mejasem
  3. Jln. Srigunting, menghadap selatan
  4. Jalan Cendrawasih, Kota Tegal
  5. Jln. Sumbodro, depan SMA N 3 Kota Tegal
  6. Jln. AR Hakim, sebelahan dengan toko sepeda NORTON
  7. Jln. Raya 2 Adwerna, utaranya Perempatan Singkil jalan 2, sebelahan dengan kios/rental komputer

Nah udah pada tahu kan titik tempat penjual es sagwan? yuk kalo pas sobat kuliner lovers lagi di kota ini jangan lupa yaaa buat sekedar mampir icip-icip es yang seger ini, es sagwan tentunya.

Komentar