Makanan Khas Yang Wajib Dicoba

Sebelum membahas makanan khas yang wajib dicoba, saya akan menjelaskan dulu apa itu makanan khas. Makanan khas atau dikenal juga makanan tradisional adalah makanan yang mempunyai cita rasa tertentu , dikonsumsi dan diterima oleh masyarakat. Indonesia memiliki banyak makanan khas loh dan beberapa dari makanan tersebut telah dikenal dunia seperti nasi goreng, sate, bakso, gado –gado. Wah kita patutnya berbangga hati karena makanan Indonesia dapat dikenal masyarakat dunia. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mempunyai cita rasa unik dan berbeda-beda.
Nah, disini saya akan merekomendasikan makanan khas dari Tegal yang wajib kamu coba.
1. Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul
Salah satu makanan khas Tegal yang menjadi primadona kuliner di Tegal adalah sate kambing muda. Daging kambing identik dengan teksturnya yang kenyal, namun tekstur ini sangat tergantung pada usia kambing. Sate kambing Tegal banyak memakai daging kambing atau domba muda karena semakin muda usianya maka semakin empuk teksturnya. Penggunaan daging kambing muda telah menjadi ciri khas sate Tegal. Sebutan Balibul berasal dari singkatan “bawah lima bulan”. Sedangkan Batibul itu merupakan singkatan dari “bawah tiga bulan”. Jika kamu ingin merasakan empuknya sate kambing Balibul di Tegal kamu harus tahu dimana saja sih lokasinya. Salah satu pusat warung sate kambing yang ada di Tegal berada di daerah yang terkenal dengan nama Tirus. Lalu ada Warung Sate Sari Mendo yang terkenal dengan sate balibulnya. Lokasinya berada di pertemuan Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan KS. Tubun, sepanjang daerah ini lebih dikenal dengan daerah Tirus. Dan jika ingin mencari sate batibul kamu bisa mengunjungi warung sate Wendys Tegal. Tempatnya lumayan jauh dari Tirus.
2. Tahu Aci
Tahu aci terbuat dari tahu kuning yang berbentuk segi empat yang kemudian dibelah menjadi dua. Kemudian diberi adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci, potongan daun kucai, dan bumbu lainnya. Tahu aci biasa dihidangkan saat mengobrol dengan teman atau keluarga sambil minum teh. Di setiap pinggir jalan banyak penjual yang menjualnya. Dan istimewanya tahu aci hanya ditemukan di Tegal saja. Tahu aci yang terkenal dijual di pusat oleh-oleh khas Tegal “Tahu Murni” yang ada di jalan raya Adiwerna dan di daerah kota Tegal ada “Tahu Murni Putra”.
3. kupat Glabed dan Sate Blengong
Makanan khas berikutnya adalah kupat glabed. Dinamakan glabed karena kuah kentalnya yang ngglabed. Biasanya kupat glabet disajikan dengan sate blengong yang terbuat dari daging peranakan mentok dan bebek. Dapat kita temui di beberapa tempat dekat stasiun Kota Tegal. Namun daerah yang terkenal adalah Tegal Sari. Dan ada juga di Jl. Kapten Sudibyo “Kupat Glabed Mba Bila” di depan SMP N 7 Tegal.
Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Tegal yang wajib dicoba. Dijamin kamu akan puas dan bakal ketagihan dengan cita rasa makanan-makanan tersebut.
SELAMAT MENCOBA !!!

Komentar