PILIH DAGING KAMBING ATAU DAGING SAPI ?

Pada umumnya orang beranggapan bahwa daging kambing punya kadar kholesterol yang lebih tinggi dibanding daging sapi. Oleh sebab itu banyak orang yang berpantang makan daging kambing, apalagi bagi orang-orang yang sudah berumur. Tapi benarkah demikian ?

Ternyata berdasarkan penelitian terhadap sampel daging kambing dan daging sapi membuktikan bahwa kandungan kholesterol pada daging kambing lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi.

Sampel daging kambing yang diteliti mengandung pada kisaran angka 5-39mg/100 gram, sedangkan pada daging sapi menunjukkan angka 42-78mg/100 gram. Beda cukup jauh bukan ? Tapi mengapa orang pada takut makan daging kambing ? jawabnya adalah dampak tekanan darah tinggi yang mungkin akan ditimbulkan.

Penyebab darah tinggi sebenarnya bermacam-macam, salah satunya adalah kadar kholesterol yang berlebihan dalam darah. Nah, kalau sudah tahu daging sapi lebih tinggi kadar kholesterolnya mengapa malah dikonsumsi dan menghindari daging kambing yang kadarnya lebih rendah ?

Kita tengok yuk… ternyata kandungan natrium dalam darah juga berpengaruh terhadap tekanan darah. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kadar natrium dalam daging kambing lebih tinggi dibandingkan dengan yang terdapat dalam daging sapi. Tapi bedanya sangat tipis, hanya 0,01mg/100 gram. Jelasnya, pada daging kambing mengandung 0,53mg natrium/100 gram, sedangkan pada daging sapi 0,52mg natrium/100 gram.

Nah sekarang pilih konsumsi dging sapi atau kambing ? Yang pasti keduanya mengandung protein tinggi yang diperlukan tubuh. Yang penting, makanlah secukupnya, jangan berlebihan. Setuju ?

Komentar

52 thoughts on “PILIH DAGING KAMBING ATAU DAGING SAPI ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *