Resep “Bika Ambon Manis” Makanan ringan Dari Medan

Hai teman-teman aku muncul? lagi nih. Kali ini aku akan memberikan informasi bagaimana cara membuat makanan ringan yang dapat anda coba dirumah. So dont miss it

Bika ambon merupakan salah satu aneka kue yang berasal dari medan yang memiliki tekstur sangat lembut dan rasanya yang sangat enak sekali saat dimakan. Bika ambon sudah dikenal oleh beberapa kalangan, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa juga sudah mengenali kue ini. Bika ambon dihidangkan pada saat momen berkumpul bersama keluarga agar terciptanya sebuah kenikmatan menyantap kue bersama keluarga anda.

 

Bahan-bahan :

  • Tepung sagu 300 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Air kelapa 200 ml
  • Ragi instant 11 gram
  • Santan 600 ml
  • Telur ayam 18 butir
  • Vanili 1 sendok kecil
  • Gula pasir putih 450 gram

 

Cara Membuat Bika Ambon Manis

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan, masukan tepung terigu dan ragi instant. Campurkan keduanya hingga menjadi satu bahan, lalu tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan hingga kalis. Setelah benar-benar tercampur adonan di diamkan selama 16 menit saja.
  2. Sediakan wadah lagi yang besar. Tambahkam gula pasar, garam, dan vanili, aduk ketiga bahan tersebut hingga rata dan sempurna. Agar lebih cepat anda bisa menggunakan spatula. Masukkan telur satu-satu sambil di aduk hingga tercampur rata.
  3. Kemudian adonan dalam wadah pertama anda ambil dan diamkan seklama 15 menit lalu campurkan ke adonan yang kedua aduk rata. Masukan tepung sagu dengan perlahan dan jangan lupa sambil di aduk dengan rata. Adonan tetap anda aduk lalu masukan santan sedikit-sedikit, pastikan didalam adonan tidak ada gumpalan-gumpalan dan sudah tercampur dengan sempurna.
  4. Lalu, diamkan adonan kembali selama 120 menit agar bentuknya menjadi mengembang seperti sarang tawon.
  5. Setelah selesai, masukkan ke loyang yang sudah anda olesi dengan minyak. Masak di oven dengan menggunakan api yang sdedang saja, tetapi pintu ovennya dibuka sedikit.
  6. Panggang dalam oven selama 13 menit hingga warnya berubah.

 

Nah itulah Resep Membuat Bika Ambon Manis, semoga bermanfaat dan anda tertarik untuk membuatnya ya.

SELAMAT MENCOBA

Komentar

50 thoughts on “Resep “Bika Ambon Manis” Makanan ringan Dari Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *