Sensasi Gurihnya Intip Khas Solo

Hay sobat kuliner lovers, kali ini admin bakalan berbagi wawasan mengenai oleh-oleh khas Solo yang terkenal dengan gurihnya.Nah, jika kita berjelajah wisata ke Solo tak lengkap rasanya bila tak membeli oleh-oleh jajanan khas kota Solo, salah satunya Intip.  Dalam istilah Bahasa Jawa, intip adalah sebutan untuk kerak nasi. Di Solo, intip ini diolah menjadi makanan cemilan yang khas, rasanya kriuk dan gurih yang asli hasil dari kerak endapan nasi liwet dari dasar periuk yang di masak dengan kayu bakar. Salah satu ciri khasnya yakni taburan kinco atau gula jawa cair di atas gorengan atau taburan garam halus jika ingin rasanya asin

Proses pembuatan Intip Solo bisa dibilang rumit. Terlebih dahulu harus mengumpulkan kerak nasi yang melekat pada panci. Kerak nasi dapat dihasilkan apabila kita menanak nasi dengan cara tradisional. Yaitu menggunakan kendil, semacam panci tebal yang terbuat dari alumunium atau besi. Kerak nasi yang menempel di kendil dilepas kemudian di jemur sampai kering, baru digoreng.

Cara menggorengnya pun ada teknik khusus. Intip harus terendam minyak supaya matang merata. Kalau tidak, intip akan gosong di bagian pinggir tetapi tengahnya belum matang.

Intip Solo bisa ditemui di toko oleh-oleh di Pasar Klewer, dekat Pasar Jongke, toko oleh-oleh dekat Pasar Singosaren dan di depan toko roti Orion. Jalan S. Parman, antara Pura Mangkunegaraan ke arah Pasar Legi Solo. Harga Intip Solo berkisar Rp10.000,- hingga  Rp20.000,- saja.

Komentar