Soto Semarang Yang Legendaris

Selain lunpia, wingko babad, dan bandeng presto, Kota Semarang masih mempunyai beberapa makanan yang menjadi ciri khas Kota Tugu Muda ini. Salah satunya ialah Soto Semarang. Siapa sih yang tidak kenal dengan Soto Semarang ini. Dengan porsi nasi soto yang sangat sedikit dan disajikan dalam ukuran mangkuk yang kecil ini menjadi ciri khas tersendiri dari Soto Semarang. Mungkin, sebagian besar orang berpikir bahwa semua soto itu sama, yaitu hanya nasi yang diberi tambahan bihun dan beberapa irisan daging ayam, sapi, atau kerbau, serta diberi tambahan kuah kaldu. Namun, Soto Semarang memiliki ciri khas tersendiri yang terletak pada bumbu-bumbu rempahnya. Salah satunya, Soto Semarang lebih berani menggunakan bawang putih dalam jumlah yang banyak ke dalam kuah sotonya.

Banyak tempat di Semarang yang menyediakan menu spesial khusus Soto Semarang. Biasanya tempat-tempat ini diberi nama sesuai dengan nama pemiliknya, seperti Soto Pak Man, Soto Pak Darno, dan Soto Bangkong.

Yang pertama saya akan membahas mengenai Soto Pak Man. Pasti sebagian besar warga Semarang sudah mengetahui keberadaan Soto Pak man. Hal ini dikarenakan Soto Pak Man yang sudah tidak asing di telinga kita ketika mendengar namanya. Kelezatan Soto Pak Man yang sudah tidak diragukan lagi ini membuat para warga di Kota Semarang selalu ketagihan dengan Soto Pak Man. Di Kota Semarang ini, Soto Pak Man sudah memiliki banyak cabang, diantaranya jalan Purwosari Raya Semarang, Ruko Tlogosari Raya 61 A (setelah jembatan ke-2), Jalan Tri Lomba Juang No. 20 B Semarang, dan Jalan Perintis Kemerdekaan No. 295 Pudak Payung.

Yang kedua, Soto Pak Darno, tempat ini juga tak kalah terkenal enaknya. Seperti biasa Soto Semarang disajikan dengan porsi yang sangat sedikit. Sehingga tak sedikit orang yang makan di Soto Pak Darno ini nambah porsi. Karena dirasa 1 mangkuk soto itu kurang. Soto Pak Darno berada di Jalan M.H. Thamrin No. 88 Semarang.

Referensi yang terakhir adalah Soto Bangkong. Soto ini dinamakan Soto Bangkong karena pada awal pendirian berada di Jalan Bangkok, Semarang. Soto Bangkong ini terletak di Perempatan Bangkong dan di Jalan Setia Budi, Srondol, Banyumanik. Karena kelezatan Soto Bangkong ini, sehingga tak sedikit artis-artis yang sedang berkunjung di Kota Semarang menyempatkan waktu untuk mampir di Soto Bangkong ini.

Komentar