Tips Memasak Mie Instan Agar Aman Dikonsumsi

Hay guys…! siapa sih yang suka makan mie instan? Khususon buat anak kos nih yang biasanya makannya mie, selain masaknya yang ga pake ribet dan harganya yang murah jadi pilihan utama buat kita pas lagi sibuk-sibuknya nugas. Emmmm.. boleh sihh tapi jangan keseringan ya! soalnya bisa jadi bahaya nih buat kalian karena lapisan lilin yang dikandungnya bisa memicu terjadinya kanker dan kandungan sodium yang menyebabkan darah tinggi. Ihhhh ngeri yak! Trus gimana nih cara amannya? Pengen tahu? Yuks intip bentar tips ini :

Buang air rebusan pertama mie

Saat merebus mie, buang air yang pertama kali sobat gunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat sobat merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan sepertti warna mie. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh kita. Mungkinjuga ini akan berpengaruh sedikit pada cita rasa mie, tapi untuk tubuh yang sehat tidak apa-apakan?
Jika yaang sobat makan adalah mie goreng, setelah ditiriskan bilas lag dengan air matang. Oh iya, kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah mengkonsumsi mie yang masih mentah karena dianggap sebagai camilan yang lezat. Selain itu terkadang kita juga sering memasak mie setengah matang.
Mie setengah matang atau bahkan mie mentah justru akan semakin memperberat kerja dari sistem pencernaan kita.

Beri jeda waktu makan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lapisan lilin akan habis setelah kurun waktu sekitar 3 hari untuk dikeluarkan oleh tubuh. Maka dari itu sebaiknya sobat tidak mengkonsumsi mie instan tersebut setiap hari. Beri jeda waktu minimal 3 hari.

Jangan campur bumbu saat dimasak

Saat memasak mie instan, pasti sebagian besar dari sobat akan langsung mencampur bumbunya saat mie masih mendidih diatas nyala api. Hal ini tentu sangat salah. Dalam bumbu mie instan terdapat zat yang berbahaya jika ikut dimasak. Campurkan bumbu saat mie sudah diturunkan dari api. Jika sobat teliti dalam memeriksa, di cara penyajian yang terdapat di bungkus mie pun sudah menunjukkan bahwa bumbu ditaruh di mangkuk baru kemudian di beri mie. Bukan bumbu di masak bersama mie.

Tambahkan Sayuran, daging dan telur

Jika perlu, sobat dapat menambahkan sayuran, daging atau telur untuk melengkapi kandungan gizi yang ada pada mie instan.
Komentar

2,474 thoughts on “Tips Memasak Mie Instan Agar Aman Dikonsumsi