Wisata di Candi Hindu terbesar di Indonesia “PRAMBANAN’

Hayy guysss yang pada kurang piknik, bingung mau piknik ke mana? Admin rekomendasikan kalian untuk menikmati megahnya Candi Prambanan. Siapa coba yang gak tahu Candi Prambanan… gak hanya orang Indonesia yang tahu tapi dunia juga udah mengakui keindahan dan kemegahan Candi Prambanan.

Admin kasih gambaran ya sedikit mengenai Candi Prambanan.  Perlu kalian ketahui bahwa Candi Prambanan sering kali disebut juga Candi Roro Jonggrang yang berdiri pada tahun 9M. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Nih yang harus kalian ketahui bahwa Candi Prambanan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Luar biasa bukan… Candi Prambanan memiliki ketinggian 47m di tengah  kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Candi ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisata di seluruh dunia. Wowww…

Sedikit admin akan ceritakan sejarah tentang Candi Prambanan. Pembangunan Candi Prambanan dimaksudkan untuk menyaingi Candi Borobudur dan Candi Sewu yang letaknya dekat dengan Candi Prambanan.

Bangunan ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu. Kompleks bangunan ini secara berkala terus disempurnakan oleh raja-raja Medang Mataram berikutnya, seperti raja Daksa dan Tulodong, dan diperluas dengan membangun ratusan candi-candi tambahan di sekitar candi utama. Karena kemegahan candi ini, candi Prambanan berfungsi sebagai candi agung Kerajaan Mataram, tempat digelarnya berbagai upacara penting kerajaan.

Untuk tiket masuk Candi Prambanan untuk orang dewasa Rp. 30.000 sedngkan anak-anak Rp.12.500. Lain halnya dengan warga negara asing dewasa dikenakan 18 USD sementara anak-anak 9 USD. Sementara itu jam operasionalnya dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Di tempat ini kalian akan menikmati indahnya relief yang berkisah tentang Ramayana dan Krishnayana. Ow ya jangan lupa untuk mengunjngi komplek yang berada di utara Candi Prambanan karena di tempat tersebut kalian akan tahu banyak informasi tentang Prambanan. Untuk ke komplek Candi Prambanan kalian gak perlu mengeluarkan uang lagi.

Ada hal yag menarik untuk kalian ketahui. Jika kalian datang ke Candi Prambanan pada musim kemarau kalian akan menikmati sendratri Ramayana di pangguung terbuka trimurti dengan latar belakang ketiga candi yang disoroti lampu. Pertunjukan ini dapat kalian saksikan mulai pukul 20.00-22.00. Namun jika hujan, pertunjukan ini akan di pindahkan ke panggung tertutup.

Soal oleh-oleh kalian jangan khawatir, karena di sana banyak sekali oleh-oleh yang dijual seperti gantungan candi, asbak bentuk candi, bak pia pathok, brem, dan masih banyak lagi. Pokoknya kalian gak bakal kehabisan stok.

Komentar