Pulau Panjang, Wisata Taman Surganya Jepara (Biaya dan Transport)

Hy sobat kuliner lovers… lagi nyari tempat wisata alam yg indah? nih admin punya referensi wisata buat kalian. Pada tahu Pulau Panjang? Bukan pulau yang bentuknya memanjang yaaa. Pulau Panjang merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Pulau dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut (2,5 Km) dari Pantai Kartini, Jepara. Pulau ini memiliki pasir putih yang dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon randu, asam jawa, dadap, serta pinus.

 

Ada berbagai jalur untuk menuju tempat ini. Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, bisa melalui Pantai Kartini, Pantai Bandengan, atau Pantai Prawean. Namun dermaga penyeberangan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa berbeda. Di sini ada papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang.

 

Keindahan panaroma Pulau Panjang ini dijamin ga akan buat kalian bosen deh. Malahan bikin kalian pengen nginep sini sebulan lagi. Pulau Panjang ini dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk mandi laut, snorkeling, dan bermain kano. Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung.

 

Bagian tengah pulau merupakan struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Pepohonan yang mendominasi adalah: randu, asem jawa, dadap, bahkan di sebelah timur banyak pohon pinus yang umurnya ratusan tahun.

 

Selain wisata alam, Pulau Panjang juga merupakan wisata religi. Makam Syeikh Abu Bakar seorang tokoh ulama Jepara terdapat di sebelah barat pulau. Tempat ini dilengkapi dengan pendopo, masjid, sarana MCK, cafeteria, bahkan ada air barokah yang dipercaya sebagian orang dapat memberikan manfaat, baik kesehatan maupun keselamatan. Setiap tahun sekurang-kurangnya 4 kali diadakan peringatan (khoul) sehingga pada waktu-waktu tersebut Pulau Panjang dipenuhi para peziarah dan puncak peringatan diadakan bulan Syuro (Muharam).

 

Selain mandi laut, snorkeling, dan bermain kano, sobat anekakuliner lovers juga bisa trekking mengelilingi pulau ini sambil menikmati segarnya angin laut, teduhnya pepohonan, dan tentu saja pemandangan hutan.

 

Aduhhh, jadi pengen kesana nih. Tapi kira-kira mahal ga ya? Tenang aja! Nih, admin sediain draf harga yang perlu kalian siapin buat pergi jalan-jalan ke Pulau Panjang. Karena kapal terakhir untuk kembali ke Pantai kartini adalah sekitar pukul 17.00 WIB, di perjalanan kemungkinan besar Anda bisa menikmati sunset.

Akses Transportasi

  1. Perahu Sapta Pesona dari Dermaga Pantai Kartini Rp13.000,00. Pengunjung dapat beraktivitas di Pulau Panjang selama 1 hari.
  2. Perahu Wisata Bahari dari Dermaga Pantai Bandengan Rp10.000,00. Pengunjung diberi waktu beraktivitas di Pulau Panjang selama 1 jam.
  3. Perahu nelayan dari Pantai Prawean carter (sewa borongan) sekitar Rp100.000,00 s/d Rp200.000,00.

 

Nah, murah kan? Ga perlu berjuta-juta untuk bisa pergi berkelana ke Pulau Panjang yang super indah ini. Admin jamin juga kalian bakalan ternganga deh dan ga bakal berhenti ngucap subhanallah pas udah sampe sana. Mau bukti? Yaudah coba aja! OK ^_^

 

Komentar