BUBUR BLENDRANG GURIH, NIKMAT, DAN MENGHANGATKAN BADAN

Kabupaten Magekang memiliki beragam kuliner khas yang tidak dijumapi didaerah lain. Salah satunya yaitu bubur blendrang. Kuliner ini hanya bisa ditemukan di desa gunug pring kecamatan muntilan. Di sebut bubur blendrang, karena wujudnya yang lebih encer dibandingkan bubur biasanya atau mirip cream soup. selai itu bahan baku pembuatannya berbeda. meski sudah mengalami kemajuan dalam segi rasa, namun bahan utama yang dipakai dalam pembuatan makanan ini tidak melenceng dari pakem bubur blendrang. Yaitu tepung terigu serta rempah rempah seperti jahe, kencur, bawang merah, bawang putih dan lainnya. Untuk yang suka balungan atau tulang, bisa juga ditambahkan iga sapi, iga kambing, ceker ayam, maupun bagian lain.

Di Desa Gunug pring sendiri bubur ini awalnya hanya tersedia saat bulan ramdhan tiba, namun kini sudah banyak yang menjual pada hari hari biasa. Cara pembuatan bubur ini sangatsedergana dan mudah dipraktekkan oleh siapa saja. Diawali dengan menumis bumbu hingga agak kering, kemudian di tuangkan ke dalam kaldu ayam atau kaldu kambing dari hasil perebusan tulang. Sementara itu, tepung terigu lebih dahulu dicampur air hingga encer. lalu dimasukkan ke dalam kaldu yang sudah dicampur bumbu tadi. Agar terasa lebih nikmat, tambahkan gula dan garam secukupnya. campur juga iga dan tulang yang sudah disiapkan.

Bagi yang penasaran dengan rasa bubur blandreng ini bisa merapat ke Desa Gunung Pring , Kecamatan Muntilan karena banyak penjual yang buka setiap harinya.

Komentar