Makanan Seafood Yang Menggoyang Lidah

Indonesia terkenal akan berbagai macam-macam pulau. Sehingga tak heran jika negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya adalah kekayaan di laut, seperti terumbu karang, mutiara, dan berbagai jenis ikan yang tak terhitung. Dari keragaman jenis ikan tersebut, Indonesia memiliki berbagai jenis masakan nusantara yang berbahan dasar dari ikan laut.

Seafood ialah suatu jenis makanan yang terbuat dari berbagai jenis ikan di laut, seperti udang, kepiting, lobster, kerang, cumi-cumi, dan sebagainya. Makanan yang berbahan dasar ikan di laut ini sangat baik bagi kesehatan karena memiliki protein yang sangat tinggi. Namun, sebagian masyarakat juga sudah mengetahui bahwa sebagian jenis hewan di laut memiliki kadar koleterol yang tinggi, seperti udang, cumi-cumi, kerang, kepiting dan sebagainya. Akan tetapi, masyarakat pada umumnya sudah mengerti dalam mengontrol makanan tersebut dengan cara tidak makan secara berlebihan. Selain itu, jenis ikan yang mempunyai daging berwarna putih dapat dikatakan aman untuk dikonsumsi.

Makanan seafood hingga saat ini menjadi makanan yang favorit bagi semua masyarakat, baik anak kecil, remaja, maupun dewasa pastinya akan menyukai seafood. Tidak heran jika kebanyakan orang akan berburu tempat dimana makanan seafood itu dijual. Biasanya beberapa orang akan lebih menyukai memasak makanan seafood ini sendiri bersama keluarga di rumah. Namun, tidak sedikit pula yang memilih untuk pergi ke tempat-tempat yang menjajakan makanan seafood. Mungkin hal tersebut dirasa lebih praktis dan dalam satu waktu dapat memakan berbagai jenis seafood yang disajikan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa referensi mengenai tempat-tempat yang menjajakan berbagai jenis makanan seafood. Pada beberapa wilayah yang dekat dengan pantai, pastinya memiliki tempat-tempat yang menyediakan makanan seafood yang cukup recomended. Namun, kali ini saya akan memberikan beberapa refensi tempat yang menyediakan makanan seafood yang berada di area Kota Semarang dan sekitarnya.

Salah satu tempat yang menyediakan menu seafood di Kota Semarang ialah Kampung Laut. Tempat ini berada di Kompleks Puri Maerokoco, Jalan AnjasmoroTawang Mas, Semarang. Bagi warga Semarang tentunya sudah tidak asing dengan tempat ini. Dengan desain tempat yang berbentuk gazebo-gazebo yang mengapung di atas permukaan air ini yang menadi ciri khas Kampung Laut ini. Tempat makan ini menyediakan berbagai jenis makanan seafood yang sangat enak, diantaranya Gurame Bakar Madu, Bandeng Saus Inggris, Udang Goreng Tepung, dan masih banyak lagi.

Selain Kampung Laut, ada juga tempat makan yang menjajakan makanan seafood, yaitu Warung Bu Ana. Walaupun tempat ini merupakan tempat yang berbentuk kali lima, tetapi rasanya seperti di hotel-hotel bintang lima hehe. Ya, tempat ini cukup sederhana yang berada di dalam kawasan Puri Maerokoco. Banyak orang yang belum mengetahui tempat ini, tetapi jika anda sudah mengenal warung ini, saya jamin, anda akan ketagihan untuk kembali lagi ke tempat ini. Karena berbentuk warung sudah pasti harga setiap jenis seafoodnya dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Warung ini menyediakan berbagai makanan seafood, diantaranya Oseng Cumi-Cumi, Udang Saus Manis Asam Tiram, Kepiting Asam Manis, berbagai jenis ikan goreng, dan masih banyak lagi. Hal yang paling nikmat ialah ditempat ini menyediakan sambal ijo yang diuleg secara tradisional dengan rasa yang cukup pedas. Hal inilah yang sangat disukai bagi pelanggan setia Warung Bu Ana ini.

Yang terakhir, saya akan merekomendasikan tempat makanan seafood, yaitu IBC (Ikan Bakar Cianjur). Eiittss, hanya namanya aja Ikan Bakar Cianjur tetapi rumah makanan ini berada di Kota Semarang kok. Restoran ini berada di Jala Letjen Suprapto No. 19, Semarang, lebih tempatnya berada di kawasan Kota Lama. Ikan Bakar Cianjur ini menyediakan berbagai jenis makanan seafood, diantaranya Gurame Pesmol, Nila Asam Manis, dan masih banyak lagi. Yang menjadi keunikan tersendiri ialah tempat ini berada di kawasan Kota Lama yang tentunya memiliki desain dengan bentuk bangunan Belanda, sehingga bagi pengunjung yang datang di Ikan Bakar Cianjur ini akan merasakan suasana yang klasik.

Komentar