Rasakan Manis dan Segarnya Es Campur

Salah satu minuman khas Indonesia adalah es campur. Di sebut dengan nama es campur karena cara membuatnya dengan mencampurkan bermacam-macam bahan ke dalam sirup. Bahan yang dimaksud di sini bisa berupa buah atau lainnya. Untuk variasi rasa, paduan buah sebaiknya terdiri dari yang berasa manis dan juga masam. Buah-buahan yang disatupadukan biasanya yaitu pepaya, nangka (jika lagi musim), nanas, dan melon.

Kalau hanya paduan buah, belum pantas tampaknya disebut es campur. Karena itu harus dicampur dengan bahan lain yang seperti kolang kaling, cincau, dan tak ketinggalan juga tape (bisa tape ketan atau tape singkong). Semua bahan itu kemudian dituangkan ke pedalam larutan sirupyang manis dan ditambahkan juga santan.

Paduan buah dan bahan lainnya seperti tersebut di atas sebenarnya bukan suatu yang mutlak, artinya dapat pula ditambah atau diganti dengan buah yang lain. Dan apabila suka, tambahkan juga es batu dalam penyajiannya. Simple bukan ?

Nah, sekarang kapan sebaiknya menyantap es campur ? Jawabnya : tidak ada waktu khusus. Tapi sebenarnya minum merupakan salah satu kegiatan makhluk hidup (termasuk manusia) untuk memperoleh unsur atau mineral yang diperlukan oleh tubuh. Coba lihat apa saja yang terkandung dalam es campur :

  1. Gula yang terkandung dalam sirup sebagai karbohidrat yang diperlukan tubuh sebagai penghasil tenaga.
  2. Santan, merupakan sari kelapa yang mengandung lemak, juga diperlukan tubuh sebagai sumber energi.
  3. Buah-buahan, mengandung banyak vitamin A maupun vitamin C yang juga sangat kita dibutuhkan.

Tapi yang pasti minuman yang satu ini akan lebih terasa nikmat dan segar bila diminum saat berbuka puasa. Cobalah !

Komentar