Cara Membuat Donat Empuk dan Enak

Hy sobat kuliner lovers, kalian pasti ga asing dengan yang namanya donat kan? Yap kue donat adalah kue yang populer dikalangan banyak orang. Dari mulai anak-anak, remaja, bahkan sampai dewasa sekalipun hampir semuanya menyuai donat. Donat merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan mentega yang semuanya diolah menjadi satu kemudian digoreng.  Donat memiliki bentuk unik, bulat dan bagian tengahnya berlubang seperti cincin. Harganya pun cukup bervariasi dari mulai Rp. 1.500 sampai Rp. 10.000.

Tapi kali ini admin ga ngomongin soal rujukan toko ataupun tempat pembelian donat yang murah dan enak. Tapi admin kali ini akan memberikan sedikit ilmu tentang bagaimana cara membuat donat yang enak, empuk, dan manis. Yuks simak bareng-bareng.

Bahan yang diperlukan

  • 200 cc air mineral
  • 1/2 kg tepung terigu segitiga biru (disarankan)
  • 1/2 bungkus ragi instan 11 gram (farmepin)
  • 4 SDM gula pasir
  • 3 SDM susu bubuk/ susu kental
  • 3 SDM mentega
  • 2 SDT garam
  • 2 Butir telur

Cara Membuat :

  1. Pertama kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukan bahan lain, yaitu gula pasir, garam, susu, mentega, tepung terigu, dan lalu campuran tersebut aduk hingga merata
  2. Selanjutnya masukkan ragi instan kedalam air, aduk rata dan masukkan kedalam adonan tadi, Uleni sampai kalis (tidak menempel pada tangan) dan diamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang.
  3. Next, ambil adonan tersebut 1 sendok makan dan bulatkan, lalu letakkan pada wadah yang telah ditaburi tepung terigu sebelumnya, supaya tidak lengket. Lakukan hal tersebut hingga semuanya habis, selanjutnya diamkan adonan yang sudah dibulatkan tadi selama 20 menit dan tunggu hingga mengembang
  4. Kemudian panaskan minyak goreng, lubangi bagian tengah adonan tersebut. lalu goreng dan kecilkan apinya hingga gorengan tampak bewarna kuning kecoklatan. Angkat dan diamkan donat hingga dingin.
  5. Selanjutnya setelah itu Anda taburi donat dengan gula halus atau yang lainnya sesuai selera Anda
  6. Selamat, Donat sederhana siap dihidangkan

Nah kan, gimana? mudah kan cara buatnya? Ok?

Komentar