SOTO SOKARAJA KHAS PURWOKERT0

Salah satu makanan khas macam soto yang berada di wilayah Indonesia. Setiap daerah memiliki nama soto ciri khas daerahnya. Sebagai contoh, soto di Jakarta biasanya disebut dengan Soto Betawi, soto di kabupaten Kudus diberi nama Soto Kudus, di daerah Pekalongan disebut sebagai Soto Tauto karena menggunakan bumbu tauco, di Blora diberi nama Soto Klethuk karena ditaburi dengan irisan gethuk goreng, dan masih banyak lagi jenis soto yang ada di Indonesia.

Sebagian orang pasti mengetahui mengenai soto yang berada di daerah Purwokerto, yaitu Soto Sokaraja. Selain terkenal dengan gethuk goreng dan mendoannya, Purwokerto juga terkenal dengan sotonya yang diberi nama Soto Sokaraja. Yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto yang lain ialah pada isi dan bumbu yang terkandung didalamnya. Biasanya soto menggunakan nasi putih sebagai karbohidratnya, tetapi di Soto Sokaraja ini menggantinya dengan ketupat. Hal ini juga terkait dengan kebiasaan warga Purwokerto yang membuat ketupat pada setiap hari, jadi tidak hanya pada saat lebaran saja.

Ciri khas lain dari Soto Sokaraja ini ialah soto yang berisi potongan-potongan daging sapi dengan kuah kental dan didampingi dengan sambal kacang. Tidak ketinggalan Soto Sokaraja diberi tambahan kerupuk yang berwarna merah, hijau, putih, dan kuning yang menambah kelezatan pada cita rasa Soto Sokaraja itu sendiri. Di daerah Purwokerto yang menjual Soto Sokaraja berada di Kecamatan Sokaraja itu sendiri.

Namun, apabila kamu sedang berada di Kota Semarang, kamu tidak perlu khawatir. Karena untuk menikmati Soto Sokaraja tidak perlu jauh-jauh harus datang ke Puwokerto, melainkan di Kota Semarang, sekarang sudah terdapat tempat yang menjual Soto Sokaraja dengan rasa yang sama persis dengan Soto Sokaraja di Purwokerto, karena pemiliknya juga penduduk asli sana. Lebih tepatnya letaknya berada di Jalan Kusuma Wardhani No. 28, Pleburan, Semarang Selatan. Di tempat ini, menyediakan Soto Sokaraja dengan harga Rp14.000,- merupakan harga yang cukup murah karena bahan-bahannya pun didatangkan langsung dari Purwokerto. Selain itu, di tempat ini juga menyediakan mendoan Purwokerto yang merupakan makanan khas dari Purwokerto. Harga per satuan mendoan dibandrol dengan harga Rp2.500,- sama halnya dengan yang lain, bahan-bahan untuk mendoan juga didatangkan langsung dari Purwokerto. Jadi, buat kalian pecinta soto wajib nyobain Soto Sokaraja ini, dijamin rasa kelezatannya tidak kalah dengan Soto Sokaraja yang berada di Purwokerto.

Komentar