TIPS MEMBUAT BAWANG GORENG CRISPY

Bawang merah merupakan tanaman yang diambil umbinya untuk digunakan sebagai bumbu berbagai masakan. Konon tanaman ini berasal dari negara Iran dan juga Pakistan. Seiring berjalannya waktu kemudian dikembangkan di negara-negara lain termasuk di Indonesia.

Di indonesia, daerah yang terkenal bawang merahnya adalah kabupaten Brebes. Sebagai sentra produksi bawang merah, kuantitas produksinya pun berflaktuasi, tergantung cuaca. Musim kemarau adalah sangat bersahabat untuk perkembangan tanaman ini. Sebaliknya, musim hujan dapat menjadi penyebab menurunnya hasil produksi.

Umbi bawang merah dapat dimakan mentah (biasanya untuk bumbu sate), dibuat acar, dan bumbu berbagai masakan. Apabila digoreng, dapat dijadikan bumbu tabur pada masakan opor, soto, nasi uduk, dan lain sebagainya.

Bawang merah yang digoreng akan lebih lezat bila terasa renyah dan crispy. Untuk itu ikutilah tips berikut untuk membuat bawang goreng crispy :

  1. Setelah dikupas, dicuci bersih.
  2. Kemudian diiris-iris tipis.
  3. Setelah diiris-iris tipis dimasukkan wadah dan diberi garam dapur secukupnya, lalu diaduk-aduk hingga merata.
  4. Kemudian dicuci lagi dengan air bersih dan ditiriskan.
  5. Setelah itu, digoreng dengan api sedang.
  6. Jika sudah berwarna kekuningan diangkat dan dibiarkan hingga kering dan dingin. Selanjutnya masukkan ke dalam toples dan tutup rapat.
Komentar